Wednesday 26 August 2015

EGON: SAHABAT SEJATI



SAHABAT SEJATI
Aku tidak peduli siapa membutuhkan siapa. Sebagai manusia pasti akan saling membutuhkan. Dan faktanya di dunia ini, manusia hanya akan datang kepada orang-orang yang mereka butuhkan. Dan otak manusia akan berfikir bagaimana bisa memanfaatkan orang lain. Maka salah satu hasil dari pemikiran itu adalah: agar orang yang dibutuhkannya bisa dia gunakan, maka harus menjalin hubungan dengan embel-embel Persahabatan.
Sungguh permainan paradigma yang sangat bagus. Ternyata kata-kata itu cukup mampu untuk membuat orang-orang bodoh yakin bahwa dia telah memiliki suatu ikatan yang berharga. Itu saja tidak cukup, manusia berusaha mengikat lebih erat orang lain dengan istilah “Sahabat Sejati”. Dan hampir seluruh manusia di bumi ini mempercayai istilah bodoh seperti itu.
Mungkin kalian berfikir ketika aku menulis ini, aku mungkin punya masalah dengan persahabatan. Atau mungkin kalian berfikir aku tidak pernah punya sahabat. Tapi kalian salah. Aku telah bertemu dan berkenalan dengan ribuan orang, dan banyak dari mereka yang berkata kepadaku: “Kita adalah Sahabat Sejati”.
Aku dulu pernah berfikir itu penting dan serius, ternyata itu salah. Namun sampai kemarin masih mencoba untuk menyukai sesuatu yang menurutku tidak penting bagi kehidupanku. Seharusnya kalau memang ada sahabat sejati, maka manusia tidak akan pernah mengenal istilah kesepian. Tapi buktinya?
Di dunia ini ada sekitar 6 miliar manusia, seharusnya tidak ada lagi manusia yang kesepian. Tapi nyatanya masih banyak diantara kita yang merasa kesepian tanpa ada yang mempedulikan.
Sekarang aku sudah tidak mau lagi terbebani oleh kata persahabatan. Aku sudah tidak percaya lagi dengan ikatan yang seperti itu dan aku benar-benar tidak pernah peduli. Aku hanya ingin tahu apakah diriku masih memiliki arti dan dibutuhkan bagi orang lain. Sangat mudah untuk mengetahuinya. Jika masih ada orang yang menganggapku sebagai sahabat, itu artinya aku masih dibutuhkan. Karena sekali lagi, manusia hanya akan datang kepada seseorang hanya saat dia membutuhkan orang terebut.
Kepada orang-orang yang masih percaya akan Sahabat Sejati, yang kalian lakukan hanyalah mendramatisir keadaan. Mungkin kalian terlalu banyak membaca dan mendengar kata-kata indah tentang persahabatan, sehingga hati dan pikiran kalian masih terbelenggu. Padahal itu tak lebih dari sebuah wacana. Di dunia ini banyak manusia yang berkata dan berteori tentang sesuatu yang bahkan mereka sendiri tidak mempercayainya.
Sahabat itu hanya mimpi-mimpi orang yang lemah. Karena itu jangan menjadi orang lemah yang hanya memimpikan sahabat.

Penulis: EGON
Indralaya, 24 Agustus 2015.

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD 14 BUKU SMA KELAS 12 KURIKULUM 2013 TERBARU

Hallo Sobat semua…. Selamat datang di Blog Abang . Kali ini postingan Abang adalah membagikan Buku Kurikulum 2013 Untuk SMA Kelas 12 y...