Sunday 15 May 2016

LKM - Tiga Sinar Istimewa pada Pembentukan Bayangan Cermin Cekung



LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM)
MATA PELAJARAN FISIKA SMA


DISUSUN OLEH :
MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2014

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN FISIKA
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN AJARAN 2016



LKM: Tiga Sinar Istimewa pada Pembentukan Bayangan Cermin Cekung

1.    Tujuan Percobaan

Setelah melakukan percobaan ini siswa diharapkan dapat menggunakan dua sinar dari 3 sinar istimewa untuk membentuk bayangan pada cermin cekung.

2.    Landasan Teori

Lembar panduan ini bukanlah petunjuk percobaan tetapi lembar latihan untuk menerapkan hasil yang didapatkan pada percobaan terdahulu.
Topik ini tentang apa yang disebut sebagai sinar istimewa dalam hubungannya dengan melukis bayangan benda. Ketiga sinar istimewa memiliki berkas yang mudah untuk di lukis menggunakan aturan yang telah anda pelajari pada percobaan terdahulu. Ada 3 sinar istimewa yang berguna untuk melukis atau menentukan kedudukan bayangan benda dengan konstruksi ( anda akan segera mengerti apa yang dimaksud dengan konstruksi disini ).

Tiga sinar istimewa adalah

a.    Sinar datang sejajar sumbu utama cermin dipantulkan melalui titik fokus cermin.
b.   Sinar datang melewati titik fokus cermin dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.

c.    Sinar datang melewai pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali ke titik pusat kelengkungan tersebut.

Contoh Pembentukan Bayangan
Sebagai contoh, misalkan sebuah benda titik p berada didepan cermin cekung yang memiliki titik fokus F dan jari-jari kelengkungan M seperti pada gambar. Untuk melukis bayangan benda titik, buatlah garis sejajar sumbu utama dari P menuju cermin. Ini adalah sinar istimewa yang akan dipantulkan menuju titik fokus F. Kemudian gambarlah sinar ke cermin melalui F. Sinar pantul haruslah sejajar dengan sumbu utama dan berpotongan dengan sinar pantul pertama di titik P. P adalah bayangan titik P. Anda dapat menggunakan sinar istimewa ketiga yang melewati pusat kelengkungan cermin M untuk memastikan bahwa P adalah benar-benar bayangan P. Sinar ini harus dipantulkan kembali sepanjang sinar datangnya.



a.    Gunakan cara seperti contoh untuk melukis bayangan titik Q seakurat yang anda dapat.
b.    Gambarlah garis PQ; kemudian gambar bayangan garis PQ.

3.    Alat-alat Percobaan

Tidak ada alat-alat percobaan yang dibutuhkan!

4.    Persiapan Percobaan

Tidak Ada

5.    Langkah-langkah Percobaan

Tidak Ada

6.    Hasil Pengamatan
(PRAKTIKUM SENDIRI YEE..)

7.    Kesimpulan

Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa sebuah benda titik p berada didepan cermin cekung yang memiliki titik fokus F dan jari-jari kelengkungan M seperti pada gambar. P menuju cermin, ini adalah sinar istimewa yang akan dipantulkan menuju titik fokus F. Sinar pantul sejajar dengan sumbu utama dan berpotongan dengan sinar pantul pertama di titik P. P adalah bayangan titik P. Kita menggunakan sinar istimewa ketiga yang melewati pusat kelengkungan cermin M untuk memastikan bahwa P adalah benar-benar bayangan P. Sinar ini harus dipantulkan kembali sepanjang sinar datangnya.

1.      Bayangan nyata selalu terletak di depan cermin dan terbalik, sedangkan bayangan maya selalu terletak di belakang cermin, tegak dan diperbesar.
2.      Jika benda terletak pada jarak yang lebih besar dari pada jarak fokus cermin cekung, maka bayangan yang terbentuk bersifat nyata, terbalik dan di depan cermin.
3.      Jika benda terletak pada jarak yang lebih kecil dari pada jarak fokus cermin cekung, maka bayangan yang terbentuk bersifat maya, tegak dan di belakang cermin.
 

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD 14 BUKU SMA KELAS 12 KURIKULUM 2013 TERBARU

Hallo Sobat semua…. Selamat datang di Blog Abang . Kali ini postingan Abang adalah membagikan Buku Kurikulum 2013 Untuk SMA Kelas 12 y...