Saturday 24 September 2016

Artikel Unik Fisika - Alasan Langit Siang Berwarna Biru, Langit sore berwarna Merah Kejinggaan



Alasan Langit Siang Berwarna Biru, Langit sore berwarna Merah Kejinggaan

 
Kenapa ya langit siang itu berwarna biru, tapi langit sore warnanya jadi merah jingga ?

Fenomena tersebut ternyata erat kaitannya dengan konsep fisika tentang Spektrum Gelombang elektromagnetik ( cahaya tampak). 

Telah kita ketahui bersama jika matahari adalah Benda langit yang memancarkan cahaya sampai kebumi, tanpa adanya matahari bumi akan gelap dan kehidupan di bumi tidak dapat berlangsung. Matahari memancarkan cahaya putih yang merupakan cahaya polikromatik (cahaya yang berasal dari gabungan beberapa warna). Cahaya Polikromatik terdiri dari 7 cahaya monokromatik (cahaya tunggal) yaitu Merah, jingga,kuning,hijau,biru,nila dan ungu. Kita juga telah ketahui jika Nitrogen dan Oksigen merupakan Zat yang paling banyak menyusun atmosfer bumi. Ketika cahaya matahari mencapai atmosfer bumi, cahaya polikromatik tersebut akan terdispersi (terurai) menjadi warna monokromatik (Merah, jingga,kuning,hijau,biru,nila dan ungu). 

Cahaya sendiri merupakan gelombang elektromagnetik yang paling sering kita temukan dalam kehidupan sehari hari. Semua gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang 400 nm sampai 700 nm sangat sensitive terhadap mata, sehingga mata dapat membedakan antara panjang gelombang yag satu dengan yang lainnya. 

Misalnya radiasi elektromagnetik yang memiliki panjang gelombang 400 nm akan terlihat warna ungu, dan jika panjang gelombangnya 700 nm akan terlihat warna merah. Diantara warna ungu dan merah terdapat ribuan warna lainnya yang dihasilkan dari radiasi gelombang elektromagnetik dengan berbagai panjang gelombang. Jadi saat kita melihat suatu benda berwarna biru sebenarnya yang kita lihat adalah pantulan gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang gelombang sekitar 450 nm yang dipantulkan benda tersebut. 

Cahaya monokromatik yang memiliki panjang gelombang pendek (hijau,biru,nila,ungu) akan lebih mudah dihamburkan oleh molekul Nitrogen dan Oksigen dan cahaya tersebutlah yang masuk kemata kita . 

Nah, pertanyaannya mengapa warna langit disiang hari terlihat oleh mata kita berwarna biru, bukan hijau,nila maupun ungu ?? 

  

Ternyata warna biru terang yang kita lihat dikarenakan mata kita sendiri. Pupil mata kita menanggapi warna dengan menggunakan sebuah struktur yang disebut kerucut warna. Setiap retina pada mata mengandung sekitar 5 juta kerucut warna. Setiap kerucut warna mengandung pigmen warna yang membatasi jangkauan panjang gelombang yang dapat ditanggapi oleh kerucut tersebut. 
  • Kerucut warna pada panjang gelombang panjang memiliki kepekaan tertinggi pada panjang gelombang 570 nm (warna kuning) 
  • Kerucut warna pada panjang gelombang sedang memiliki kepekaan tertinggi pada panjang gelombang 543 nm (warna hijau) 
  • Kerucut warna untuk panjang gelombang pendek, memiliki kepekaan pada panjang gelombang 442 nm (antara ungu dan biru). 
Berbeda halnya dengan indera pendengaran kita, mata dan otak hanya menerjemahkan kombinasi tertentu panjang gelombang sebagai sebuah warna yang tunggal. sehingga mata kita akan menerjemahkan cahaya biru-ungu yang sebagai sebuah campuran antara warna biru dan putih terang, akibatnya tampaklah bagi kita langit itu berwarna biru. 

Jika cahaya dengan panjang gelombang pendek dihamburkan oleh atmosfer, bagaiamanakah dengan cahaya dengan panjang gelombang yang panjang ?? 

Cahaya dengan panjang gelombang yang relatif panjang seperti warna merah, jingga kuning ungu tidak terhalang oleh atmosfer bumi, sehingga langsung menuju bumi dan menjadi satu warna yaitu kuning. Itulah kenapa matahari tampak oleh mata kita berwarna kuning . 

Terus kenapa langit sore berwarna merah kejinggan ?? 



Berbeda saat siang hari, dimana posisi permukaan bumi yang menghadap matahari langsung mendapatkan cahaya yang tegak lurus, Ketika matahari terbit maupun terbenam pada sore hari mengakibatkan jarak lintasan cahaya matahari yang harus melewati atmosfer menjadi lebih jauh di posisi kita melihat. Hal tersebutlah yang menyebabkan cahaya dengan panjang gelombang yang panjang seperti merah, jingga kuning ikut membias sedangkan wana biru terhalang dan tak terlihat oleh mata kita. 

Itulah alasan mengapa pada sore hari warna langit menjadi merah kejinggan

Lalu kenapa laut tampak berwarna biru ? 
ada yang tahu alasannya ??
Tunggu update penjelasannya di blog http://tokohtokohduniaku.blogspot.co.id/  
Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar 

Sekian, semoga bermannfaat 

Referensi : 
Fisika itu mudah, yohannes surya 
Gubuksains.blogspot.com 
Serway, Raymond A.dan John W. Jewett. (2010). Fisika untuk Sains dan Teknik Jilid 1 (6th Edition).Terj.Chriswan Sungkono.Jakarta:Salemba Teknika

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD 14 BUKU SMA KELAS 12 KURIKULUM 2013 TERBARU

Hallo Sobat semua…. Selamat datang di Blog Abang . Kali ini postingan Abang adalah membagikan Buku Kurikulum 2013 Untuk SMA Kelas 12 y...