LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM)
MATA PELAJARAN FISIKA SMA
DISUSUN
OLEH :
MAHASISWA
PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2014
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN
FISIKA
UNIVERSITAS
SRIWIJAYA
TAHUN
AJARAN 2016
LKM : GERAK LURUS
A.
TUJUAN
Setelah melakukan percobaan ini siswa diharapkan dapat:
a. Memahami gerak dengan kecepatan tetap.
b. Menentukan kecepatan dan percepatan benda dengan
menggunakan pewaktu pencacah dan gerbang cahaya.
B.
LANDASAN TEORI
Bila
Blower dihidupkan, maka udara dalam tangki blower akan mengalir ke AIR TRACK
melalui pipa. Apabila telah mengalir, maka kendaraan AIR TRACK yang diletakan
secara perlahan- lahan ke permukaan akan bergerak lancar tanpa gesekan.
Jika
suatu benda diletakan pada saat t dengan kelajuan rata-rata dan saat t0 telah menempuh lintasan
sejauh x0, maka saat t tersebut, panjang lintasan yang ditempuh
adalah:
·
Kecepatan kendaraan AIR
TRACK diketahui dengan persamaan:
V = , s = jarak yang ditempuh, t = waktu
·
Percepatan kendaraan
diperhitung kandengan persamaan:
·
Besarnya gaya yang
bekerja dapat dihitung dengan rumus:
F= m.a m= massa kendaraan AIR TRACK
S= f (t), artinya jarak = fungsi
dari waktu
·
Energy kinetis
diformulakan
E= ½ m.v
Jika suatu benda pada saat t dengan kelajuan
rata-rata dan saat telah menempuh
lintasan sejauh , maka saat t tersebut,panjang lintasan yang
ditempuh adalah :
(a)
(b)
dengan
mengambil pada persamaan 2 akan diperoleh kecepatan sesaat,
yaitu:
(c)
Sedangkan percepatan rata-rata
a seperti halnya persamaan 3 dan didefinisikan sebagai berikut:
(d)
sehingga
Dengan menggunakan persamaan 2, 3, 4 serta mengambil dan diperoleh
C.
ALAT DAN BAHAN
NAMA
ALAT / BAHAN
|
JUMLAH
|
Rel Air Track
|
1
|
Kendaraan/Kereta Air Track
|
1
|
Penyangga 1 cm
|
1
|
Blower
|
1
|
Gerbang Cahaya
|
2
|
Pewaktu Pencacah
|
1
|
Pipa (selang) dari plastik
|
1
|
Penghalang Cahaya Ganda 3 cm
|
1
|
D.
PERSIAPAN
PERCOBAAN
a. Susunlah alat sesuai dengan praktikum yang akan
dilakukan.
b. Atur posisi kaki rel air track sehingga rel air track
dalam keadaan horizontal (Lihat buku petunjuk alat).
E.
LANGKAH-LANGKAH
PERCOBAAN
Rel Air Track Horizontal
1.
Nyalakan peniup
2.
Pasang kabel
gerbang cahaya ke pewaktu pencacah pada posisi P1 dan P2.
3.
Atur agar pewaktu
pada fungsi TIMING II
4.
Atur jarak antar gerbang cahaya sejauh 30 cm.
5.
Letakkan kereta di
atas rel air track, kemudian berikan sedikit dorongan sehingga kereta bergerak.
6.
Amati kecepatan
kereta pada layar pewaktu pencacah.
7.
Catat kecepatan
kereta untuk jarak tersebut, masukkan data pada Tabel 1.1
8.
Ulangi langkah 2 –
6 untuk jarak yang berbeda.
Rel
Air Track Miring
1. Berikan penopang pada salah satu kaki rel air track
sehingga terbentuk sudut antara meja dengan rel air track. Pada posisi ini
kereta mengalami percepatan di sepanjang rel.
2. Pasang gerbang cahaya 1 pada jarak 20 cm dari kereta.
3. Atur agar jarak di antara gerbang cahaya 1 dan 2 sekecil
mungkin (4 cm).
4. Atur agar pewaktu pada fungsi ACCELERATION.
5. Letakkan kereta di atas rel air track sebelum gerbang
cahaya 1 kemudian lepaskan.
6. Amati kecepatan kereta untuk jarak 20 cm kemudian catat
pada tabel 1.2.
7. Ulangi untuk jarak kereta terhadap gerbang cahaya 1
berbeda-beda seperti pada tabel 1.2.
8. Hitung nilai a, masukkan pada tabel 1.2.
Tabel 1.2
F.
HASIL
PENGAMATAN
Catat hasil pengamatan
pada tabel berikut ini:
Tabel 1.1
Jarak
(m)
|
Kecepatan
kereta (m/s)
|
|
Gerbang
cahaya 1
|
Gerbang
cahaya 2
|
|
0.2
|
||
0.6
|
||
0.9
|
||
1.2
|
||
1.5
|
Tabel 1.2
Jarak
terhadap gerbang cahaya (m)
|
Kecepatan
awal
V0 (m/s)
|
Kecepatan
akhir
Vf
(m/s)
|
Percepatan
a (m/s2)
|
a. Lakukan perhitungan untuk melengkapi tabel 1.2.
Bandingkan besar kecepatan pada gerbang cahaya 1 dan 2, berapa persen
perbedaannya?
b. Bagaimana perubahan jarak terhadap waktu pada gerak lurus
beraturan?
c. Bagaimana perubahan jarak terhadap waktu pada gerak
dipercepat beraturan?
G. KOMENTAR
DAN KESIMPULAN
Download File PDF nya di sini:
No comments:
Post a Comment