Thursday 5 March 2015

AZAS, HIPOTESIS, HUKUM, KAIDAH, POSTULAT, PRINSIP DAN TEORI DALAM FISIKA





1.    Azas Black: besarnya kalor yang dilepaskanoleh benda yang suhunya lebih tinggi besarnyasama dengan besar kalor yang diterima olehbenda bersuhu lebih rendah bila benda-bendatersebut saling berhubungan sehingga tercapaikeseimbangan suhu (Qlepas = Qterima).
2.    Hipotesis Maxwell: bila perubahan medanmagnetik dapat menimbulkan medan listrikmaka seharusnya perubahan medan listrikdapat menimbulkan medan magnet.
3.    Hukum Archimedes: benda yang tercelupdalam fluida akan mengalami gaya ke atassebesar berat fluida yang dipindahkan olehbenda itu. FA = f f ρ.g.V .
4.    Hukum Bernouilli: pernyataan hukumkekalan tenaga untuk aliran tunak zat alirencer, dirumuskan
p1 + ρ.g.h1 + ½ ρ.v1
2 = p2 + ρ.g.h2 + ½ ρ.v2
2
atau
p + ρ.g.h + ½ ρ.v2 = konstan.
5.    Hukum Bio-Savart: hukum yang memberikanimbas magnetik pada suatu titik yangdihasilkan oleh unsur arus tertentu.
6.    Hukum Boyle: pada suhu tetap, volume gasdalam bejana tertutup berubah-ubah berbandingterbalik dengan tekanan.
7.    Hukum Boyle-Guy Lussac: persamaan gasideal.
8.    Hukum Faraday: hukum yang menyatakanbahwa GGL yang diimbaskan dalam suatu untaioleh medan magnet sama dengan nilai negatiflaju perubahan fluks magnetik yang tercakupdalam untai itu.
9.    Hukum Gay Lussac: pada tekanan tetap, volumeV suatu massa tertentu sebarang gasbertambah untuk setiap derajat kenaikan suhudengan suatu bagian yang tetap dari volumenyapada 0oC; hukum ini tidak berlaku secara tepatuntuk gas nyata, tetapi untuk gas permanenbagian itu kira-kira 1/273, sedangkan untuk gassempurna bagian itu tepat 1/273; dapat dinyatakansebagai: V/T = tetap.
10.  Hukum Hooke: pertambahan panjang (Δx) sebuahpegas sebanding dengan besarnya gaya( F) yang bekerja pada pegas itu. F= – k. Δx.
11.  Hukum I Termodinamika (hukum kekekalanenergi): energi tidak dapat diciptakan ataudimusnahkan yang dapat dilakukan hanyalahmengubah dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain.
12.  Hukum II Termodinamika: meliputi perumusanKevin Planck yaitu tidak mungkin membuatmesin yang bekerja dalam suatu siklus,menerima kalor dari suatu reservoir danmengubah kalor itu seluruhnya menjadi usaha;perumusan Clausius yaitu tidak mungkinmembuat mesin yang bekerja dalam suatusiklus, mengambil kalor dari reservoir yangbersuhu rendah, dan memberikan kalor kepadareservoir yang bersuhu lebih tinggi tanpamemerlukan usaha dari luar; dan perumusanCarnot yaitu mesin yang bekerja di antarareservoir bersuhu T1 dan reservoir bersuhu T2,dengan T1 >T2, serta memiliki efisiensi maksimum.
13.  Hukum I Newton: setiap benda akan bergerak lurus beraturan atau diam jika tidak ada resultan gaya yang bekerja pada benda tersebut.
14.  Hukum II Newton: percepatan (a) suatu benda yang disebabkan oleh gaya (F) yang besar danarahnya sebanding dengan gaya itu dan berbandingterbalik dengan massa (m) dari benda yang dikenai oleh gaya tersebut.
15.  Hukum III Newton: bila sebuah benda dikenai sebuah gaya maka pada benda akan timbul gaya reaksi yang besarnya sama dengan gaya yang mengenainya, tetapi arahnya berlawanan.
16.  Hukum kekekalan energi mekanik: dalam medan gravitasi, jumlah energi potensial dan energi kinetik benda bernilai tetap.
17.  Hukum kekekalan momentum: Jika tidak ada gaya lain selain gaya interaksi, jumlah momentum benda sebelum dan sesudah tumbukan (termasuk selama bergandengan) selalu tetap.
18.  Hukum Kirchoff I: jumlah kuat arus yang masuk pada satu titik percabangan sama dengan jumlah kuat arus yang keluar dari titik tersebut (ΣImasuk = ΣIkeluar).
19.  Hukum Kirchoff II: dalam suatu rangkaian tertutup (loop) jumlah gaya gerak listrik (ΣE) sama dengan jumlah penurunan potensialnya (ΣI.R).
20.  Hukum Lens: gaya gerak listrik yang terjadi akan menghasilkan arus induksi yang arahnya sedemikian rupa sehingga melawan penyebab timbulnya gaya gerak listrik itu.
21.  Hukum Ohm: arus I dalam suatu rangkaian listik berbanding lurus dengan tegangan listrik V pada rangkaian tersebut.
22.  Hukum Pascal: tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruang tertutup akan diteruskan sama besar ke segala arah.
23.  Hukum pemantulan cahaya Huyggen: sudut sinar datang (i) = sudut sinar pantul (r); sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
24.  Hukum Pergeseran Wien: bila suhu benda berpijar makin tinggi maka panjang gelombang yang dipancarkan pada energi maksimum bergeser ke panjang gelombang yang lebih rendah.
25.  Hukum Snellius: 1 pada pemantulan gelombang sudut gelombang datang sama dengan besarnya sudut gelombang pantul (i = r); 2 perbandingan sinus sudut sinar datang dengan sinus sudut sinar bias besarnya tetap.
26.  Hukum Stefan: energi total yang dipancarkan oleh suatu permukaan hitam sempurna dalam bentuk radiasi kalor tiap satu satuan waktu, tiap satuan luas permukaan sebanding dengan pangkat empat suhu mutlak permukaan itu (E = σ T4).
27.  Hukum Stefan-Boltzman: jumlah energi (E) yang dipancarkan suatu permukaan benda per satuan waktu (t) per satuan luas (A), sebanding dengan pangkat empat suhu mutlaknya (T).
28.  Hukum Stokes: bila sebuah bola bergerak dalam suatu fluida yang diam maka terhadap bola itu akan bekerja gaya geser dalam bentuk gaya gesekan yang arahnya berlawanan dengan arah gerak bola tersebut, f =πμr v .
29.  Hukum utama hidrostatiska: tekanan pada titik yang mempunyai kedalaman yang sama adalahsama besar.
30.  Kaidah putaran skrup: bila sekrup diputar, arah maju menunjukkan arah arus listrik, arah putaran sekrup menunjukkan arah medan magnet.
31.  Kaidah tangan kanan: bila tangan kanan digenggamkan, arah ibu jari menunjukkan arah arus listrik, keempat jari yang digenggamkan menunjukkan arah medan magnet.
32.  Postulat Planck: energi osilator terkuantisasi sebesar nhf, dengan energi tiap kuantumnya sebesar hf.
33.  Prinsip larangan Pauli: tidak mungkin ada elektron di dalam atom yang memiliki empat bilangan kuantum yang sama.
34.  Teori de Broglie: teori yang menyatakan bahwa zarah materi mempunyai sifat bak gelombang yang dapat menimbulkan efek interferensi, dan elektron dalam atom bersesuaian dengan gelombang tegak pada edaran Bohr.
35.  Teori kuantum cahaya Einstein: cahaya dengan frekuensi f dapat dipandang sebagai paket-paket energi (foton) dengan besar energi sebesar hf.
36.  Teori relativitas Einstien: semua hukumfisika berlaku sama untuk semua kerangkaacuan inersial, dan cepat rambat cahaya c sama untuk semua kerangka acuan inersial, tidak tergantung pada gerak relatif antara pengamat dan sumber.

No comments:

Post a Comment

DOWNLOAD 14 BUKU SMA KELAS 12 KURIKULUM 2013 TERBARU

Hallo Sobat semua…. Selamat datang di Blog Abang . Kali ini postingan Abang adalah membagikan Buku Kurikulum 2013 Untuk SMA Kelas 12 y...